Jaksa, Polisi, dan Hakim Sama-Sama Bakar Narkoba di Kantor Kejari Bangka

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka memusnahkan barang bukti (BB) narkoba, dan bukti perkara pidana lainnya, Kamis (16/11/2017).

Barang bukti yang dimaksud merupakan barang bukti perkara yang sudah diputuskan oleh pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap.

Pemusnahan barang bukti narkoba dipimpin Kepala Kejari Bangka, Supardi. Barang bukti narkoba dibakar dalam drum, disaksikan oleh Pihak Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Polres Bangka dan sejumlah undangan di halaman kantor kejaksaan setempat.

“Pemusnahan barang bukti terdiri dari sabu 30 paket (27,9694 gram), ganja dua paket (50,2099 gram) dan ekstasi 13 butir (3,0199 gram,)” kata Kepala Kejari Bangka Supardi dalam sambutannya di hadapan para undangan, Kamis (16/11/2017) di halaman kantor kejaksaan setempat.

Barang bukti tersebut dimusnahkan untuk menghindari penyalahgunaaan oleh pihak tertentu karena barang ini sangat berbahaya. Selain narkoba, kejaksaan setempat memastikan pemusnahan barang bukti lain, seperti obat-obatan kedaluarsa atau tanpa ijin dan bukti senjata tajam.

“Khususnya barang bukti yang perkaranya sudah diputuskan pengadilan dan putusannya sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau sudah inkrah. Kami pastikan sudah tidak ada lagi barang bukti di gudang penyimpanan karena hari ini sudah dimusnahkan,” katanya.

Supardi prihatin karena narkoba masih beredar di daerah ini. Kedepan dia berharap, peredaran narkoba akan berkurang. “Semoga narkoba tidak banyak lagi di Bangka, karena ini sangat berbahya,” katanya.

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Kasat Narkoba AKP Albert DH Tampubolon kepada Bangka Pos Group, Kamis (16/11/2017) mengaku diundang saat acara pemusnahan barang bukti tadi.

“Barang bukti narkoba yang dimusnahkan itu merupakan hasil tangkapan kita, dan sudah diputus oleh pengadilan. Kita diundang pihak kejaksaan saat pemusnahannya,” tambahnya.

Source: kejari-bangka.go.id

Tags: