Kejari Sungailiat Musnahkan Narkoba

Sebanyak 67 perkara narkoba yang masuk ke Kejaksaan Negeri Sungailiat dimusnahkan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Sungailat, kemarin (14/1). Pemusnahan barang bukti Narkoba berikut alat penunjangnya seperti handphone dan timbangan digital ini dipimpin oleh Kajari Sungailiat didampingi Kepala BNK Bangka, Adi Saputro, Kasi Pidum, Kasat Narkoba dan perwakilan wartawan.

Disela-sela pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan, Kajari Sungailiat, Supardi didampingi Kasi Pidum, Retni Natalia Bya mengatakan, untuk barang bukti yang dimusnahkan ini terdiri dari sabu-sabu dengan jumlah perkara sebanyak 49 perkara seberat 21,21 gram, ganja sebanyak 9 perkara dengan berat barang bukti 4.404,92 gram, ekstasi sebanyak 5 perkara dengan berat 3,165 dan handphone sebanyak 30 buah dari 24 perkara. “Untuk pemusnahan barang bukti narkoba ini dari Oktober 2014 hingga Desember 2015 yang sudah inkrah dan mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Jadi tugas jaksa itulah, kalau sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, kita harus eksekusi dalam artian barang bukti itu harus kita musnahkan,” jelasnya.

Menurut Kajari, pemusnahan barang bukti narkoba ini sedikit telat yang mana seharusnya barang bukti itu dilakukan 6 bulan sekali, namun karena terkendala sesuatu hal, pemusnahan ini baru bisa dilakukan sekarang. “Jadi kedepannya pemusnahan ini akan dilakukan 6 bulan sekali,” tambahnya.

Terkait banyaknya kasus akan penyalahgunaan narkoba di Bangka ini, Kajari pun berharap peran serta orang tua turut mengawasi anak-anaknya yang rentan bergelut dengan dunia narkoba. “Jadi narkoba ini merupakan ancaman besar yang dapat merusak generasi penerus bangsa. Karena narkoba ini telah menyebar ke seluruh kalangan. Maka dari itu kita harap seluruh elemen untuk bekerja sama dalam memberantas peredaran narkoba ini yang dapat merusak generasi penerus bangsa,” pungkasnya

Source: kejari-bangka.go.id

Tags: