Kejati Kep.Babel Laksanakan Kegiatan Penerangan Hukum, “Kerjaan Kejaksaan terkadang memang menyakitkan namun ….!!!”

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kep.Babel (Rabu,14.03.2018) menyambangi kantor Gubernur Kep. Babel guna melaksanakan Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum kegiatan Penerangan Hukum (Penkum), kegiatan Penkum tersebut berlangsung di lantai 3 ruang pertemuan pasir padi, peserta yang hadir merupakan pejabat-pejabat eselon 2 dan 3 serta mahasiswa/i dari Universitas Bangka Belitung dan Perguruan Tinggi Bangka.

Dalam kegiatan Penkum tersebut, Kasi Penkum (Roy Arland, SH,.MH) selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan Penkum ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan namun pelaksanaan di Pemerintah Daerah Prov. Kep. Babel baru pertama kali ini, selanjutnya beliau menegaskan bahwa kegiatan ini dapat dimaknai bertujuan menyamakan persepsi antara PPNS, Penyidik, Penuntut Umum maupun elemen masyarakat seperti mahasiswa dalam membangun bangsa dan negara ini khususnya di wilayah prov. Kep. Babel, lalu timbul pertanyaan apa yang dilakukan Kejaksaan sehingga dapat membangun bangsa ?, kalau kita lihat secara fisik, pastilah tidak ada Kejaksaan yang membangun gedung atau jalan atau irigasi atau yang lainnya namun ketika ada suatu proyek pembanguanan gedung atau jalan atau irigasi itu terjadi korupsi maka Kejaksaan dapat melakukan pemeriksaan, ketika ada Kerugian Negara dan dapat dikembalikan atau dipulihkan, disitulah peran Kejaksaan sehingga uang Negara tidak bocor atau rugi, walaupun peran atau cara Kejaksaan ini dalam ikut serta membangun bangsa dan Negara terasa sedikit menyakitkan namun itu seperti obat yang terasa pahit namun dapat menyembuhkan penyakit, selain itu juga ada namanya kegiatan TP4D yang dapat mengawal suatu proyek dari awal hingga akhir sehingga tidak terjadi kerugian bagi Negara.

Dalam kegiatan Penkum tersebut juga ada narasumber dari Kejaksaan Bpk. Yunardi, SH,.MH (Koordinator eselon 3) dan dari Kepolisisan AKBP. Slamet Ady Purnomo, SIK dan dihadiri Asisten Intelijen Kejati Kep.Babel Said Muhammad, SH,.MH yang menjelaskan tentang penegakkan Hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan maupun Kepolisian. (ROY) .