Rapat Koordinasi Kriminal Criminal Justice System di Belitung Timur

Pada Tanggal 09 Januari 2018 Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur WIDAGDO SH didampingi oleh Kasi Tindak Pidana Umum Amardi P. Barus SH.,MH menghadiri acara Rapat Koordinasi Criminal Justice System di Hotel Oasis Belitung Timur. Acara Tersebut Dihadiri juga Oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pandan Hari Supriyanto SH.,MH, Para Hakim Pengadilan Tinggi Tanjung Pandan (Andi Bayu Mandala Putra SH.,MH, dan Hj. Adria Dwi Afanti SH.,MH), Kabagops Polres Beltim Kompol Rusnoto, dan perwakilan dari LP Cerucuk Tanjung Pandan (Tisep Oven Harry, Amd.,IP.,SH, dan Bastian, S.AP) membahas tentang penanganan perkara didaerah hukum pengadilan negeri tanjung pandan.

Apa itu Criminal Justice system….?

Istilah Criminal Justice System atau bisa di katakan Sistem Peradilan Pidana(SPP) sering digunakan dalam ilmu hukum. Adapun beberapa pakar yang mendefenisikan Criminal Justice System sebagai berikut :
Menurut Martin Basian dalam buku : The Contemporary Law Dictonary, First Edition, 2009 : 91 :
Criminal Justice System (Ing), suatu institusi kolektif yang harus di jalani seorang tersangka atau terdakwa sehingga suatu putusan pidana dijatuhkan dan dilaksanakan
Dalam Black Law Dictionary, Criminal Justice System diartikan sebagai ”the network of court and tribunals which deal with criminal law and it’s enforcement”. Pengertian ini lebih menekankan pada suatu pemahaman baik mengenai jaringan di dalam lembaga peradilan maupun pada fungsi dari jaringan untuk menegakan hukum pidana. Jadi, tekanannya bukan semata-mata pada adanya penegakan hukum oleh peradilan pidana, melainkan lebih jauh lagi dalam melaksanakan fungsi penegakan hukum tersebut dengan membangun suatu jaringan.

Disamping itu Remington dan Ohlin, Criminal Justice System dapat diartikan sebagai pemakaian pendekatan sistem terhadap mekanisme administrasi peradilan pidana, dan peradilan pidana sebagai suatu sistem merupakan hasil interaksi antara peraturan perundang-undangan, praktik adminisrasi dan sikap atau tingkah laku sosial. Pengertian sistem itu sendiri mengandung implikasi suatu proses interaksi yang dipersiapkan secara rasional dan dengan cara efisien untuk memberikan hasil tertentu dengan segala keterbatasannya.

Source: kejari-beltim.go.id

Tags: